Fenomena Langit Yang Menghiasi Tahun 2011

Pergerakan alami dari benda-benda luar angkasa memang sudah bisa diprediksi, walau cuman beberapa saja. Setidaknya di tahun 2011 ini, pergerakan tersebut menghasilkan 5 fenomena langit terbaik yang terlihat di bumi.

Apa sajakah fenomena tersebut? Mari simak 5 fenomena langit berikut dilansir dari Kompas.com:

Hujan Meteor

Saat bulan Ramadhan kemarin, hujan meteor terjadi dua kali, yakni Perseids dan Delta Aquarids. Fenomena ini terjadi pada puncaknya 13 Agustus 2011. Bulan yang penuh berkah itupun diwarnai oleh hiasan benda-benda langit.

Gerhana bulan total

Terjadi dua kali yakni 16 Juni dan 10 Desember. Gerhana bulan yang pertama terjadi dalam waktu 100 menit sekitar pukul 02.22-04.02 WIB. Gerhana ini menjadi gerhana terbaik karena planet Jupiter juga terlihat di akhir gerhana.

Seayangnya gerhana kedua relatif kurang bagus karena cuaca yang tidak mendukung. Di beberapa kota, cuaca mendung dan hujan sehingga gerhana bulan ini tak begitu terlihat keindahannya.

Jupiter Purnama

Jupiter terlihat sedikit lebih besar dan penuh karena berada di jarak terdekat dengan bumi (mirip Supermoon). Ketika Bumi, Jupiter dan Matahari berada dalam satu garis lurus, dan jarak Bumi ke Jupiter ‘hanya’ 629 juta kilometer, terjadilah fenomena Jupiter Purnama.

Fenomena ini terjadi pada 28 Oktober. Jupiter terlihat bersinar terang dan terlihat sangat jelas di Jakarta.

Supermoon

Fenomena dimana bulan menjadi 7% lebih besar dari biasanya. Fenomena yang terjadi pada 19-20 Maret 2011 ini terjadi karena jarak bulan dan bumi sangat dekat yakni sekitar 356.377 kilometer. Apakah supermoon yang menyebabkan gempa dan tsunami di Jepang? Para ilmuwan menyatakan bahwa kemungkinan besar tak ada kaitannya karena supermoon tak memberikan dampak yang signifikan.

Blue Moon

Fenomena langka yang terjadi karena bulan mengalami masa purnama kedua dalam periode sebulan. Meski sebenarnya bulan tak akan berwarna biru, tapi pada fenomena yang terjadi 10 Desember kemarin ini bulan memang tampak kebiruan.

Lalu kenapa kok bisa kebiruan? Menurut astronom Ma’rufin Sudibyo, ini dikarenakan hasil hamburan ozon di langit.

Bagaimana dengan fenomena di tahun 2012? Kita nantikan saja yuk, banyak fenomena juga loh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s