UFO Hangzhou dan Militer China

Teka-teki UFO Hangzhou dan Militer China

Pada tanggal 7 Juli 2010, Bandar udara Xiaoshan di Hangzhou, ibukota propinsi Zhejiang, Cina, ditutup sementara akibat adanya benda terbang tak dikenal yang terlihat oleh radar bandara. Pasca penutupan bandara, penerbangan dialihkan ke kota-kota lain, yakni Ningbo di Provinsi Zhejiang dan Wuxi di Provinsi Jiangsu. Kisah ini cukup menghebohkan dan sempat menjadi headline di seluruh dunia.

Dalam 3 hari ini, ada banyak berita update bermunculan sehubungan dengan UFO Hangzhou dan kali ini saya akan mengajak kalian melihat berita-berita tersebut secara sekilas. Mungkin kalian mengira saya telah memecahkan misteri ini. Tidak sama sekali, saya cuma ingin mengajak kita untuk melihat berita ini dengan lebih kritis.Kisah UFO Hangzhou ini pertama kali dilaporkan oleh News.ifeng.com dan kemudian segera dikutip oleh media di seluruh dunia.

UFO itu pertama kali terlihat oleh radar bandara pada pukul 20.30. Lalu, untuk menjaga keselamatan penerbangan, pada pukul 20.41, seluruh penerbangan keluar masuk bandara tersebut dihentikan. Penghentian ini berlangsung selama 56 menit (bukan empat jam seperti yang diberitakan oleh beberapa media).

Menurut petugas bandara, UFO itu tidak terlihat oleh mata telanjang, melainkan hanya tertangkap oleh radar. Namun para penduduk di sekitar bandara mengaku menyaksikan sebuah objek terbang bercahaya di langit Hangzhou beberapa jam sebelumnya.

Keesokan harinya, harian China Daily mengatakan kalau pejabat militer Cina telah berhasil mengidentifikasi objek misterius tersebut dan akan memberikan keterangan resmi pada hari jumat, 9 Juli 2010. Namun, pada hari sabtu kemarin, pejabat militer membantah keterangan China Daily dan mengatakan kalau mereka juga belum berhasil mengindetifikasi objek misterius tersebut.

Masalahnya kemudian adalah ketika foto objek ini ditampilkan. Paling tidak ada 3 foto yang diklaim sebagai UFO Hangzhou yang dipajang di berbagai media. Anehnya, 3 foto ini sepertinya menunjukkan objek yang berbeda-beda. Apakah foto-foto ini benar-benar menunjukkan UFO Hangzhou seperti yang diklaim media-media tersebut?

Kita akan melihatnya satu persatu.

Ini foto UFO Hangzhou pertama yang diambil pada malam hari yang juga sudah pernah dimuat di media-media Indonesia :


Foto ini cukup aneh. Jika kita mengatur kontras dan pewarnaannya, maka kita bisa melihat objek ini dengan lebih jelas.


Foto di atas memperlihatkan sebuah objek berwarna merah dengan dua garis cahaya terang di bawahnya.

Apakah objek yang terlihat di foto itu adalah UFO Hangzhou?

Saya tidak yakin. Masalahnya, foto ini memiliki sedikit keanehan. Jika kita memperbesar foto ini dan memfokuskan diri pada kepala (atau ekor) pesawat yang terkena kabel listrik, maka kita bisa melihat sesuatu yang cukup ganjil.


Lihat, kabel listrik terlihat berada di depan badan pesawat yang berwarna merah. Ini artinya objek tersebut terbang di balik kabel listrik.

Tetapi, dibawahnya, satu dari dua garis cahaya putih itu terlihat berada di depan (menutupi) kabel listrik. Sedangkan garis cahaya putih lainnya terlihat berada di belakang kabel.

Karena anomali ini, pesawat tersebut terlihat seperti sedang menabrak kabel listrik itu . Ini tidak masuk akal.

Karena itu, foto di atas bisa jadi hasil rekayasa photoshop.

Atau, jika bukan hasil rekayasa, maka kemungkinan keduanya adalah, foto di atas adalah efek Long Exposure kamera dari sebuah helikopter yang sedang terbang, seperti contoh lain yang saya temukan di bawah ini.

Percaya atau tidak, cahaya berbentuk garis di foto di bawah ini adalah sebuah helikopter dan cahaya yang menyinari bumi tersebut adalah lampu sorotnya.


Ini contoh lainnya:
Contoh efek Long Exposure bisa kita lihat pada foto-foto mobil di jalan raya pada malam hari yang terlihat hanya berupa cahaya memanjang.

Jadi, bisa saja seseorang memberikan foto ini YANG DIAMBIL ENTAH KAPAN kepada media lokal dan mengklaimnya sebagai UFO Hangzhou walaupun sebenarnya bukan. Lagipula, beberapa media mengatakan kalau pada malam saat bandara itu ditutup, objek itu hanya terlihat oleh radar dan tidak terlihat oleh mata telanjang.

Dengan kata lain, foto ini kemungkinan besar Palsu.

Selain foto di atas, pada hari berikutnya, media lain seperti dailymail.co.uk mempublikasikan foto UFO Hangzhou kedua yang disebut diambil dari sudut yang berbeda. Ini fotonya:


Ingat, media-media yang memuat foto ini menyebutkan kalau ini adalah foto UFO Hangzhou. Tetapi, ketika melihat foto di atas, kita akan segera bertanya, mengapa penampilan UFO ini bisa berbeda dengan foto yang pertama.

Jawabannya tentu saja, karena foto ini sebenarnya bukan foto UFO Hangzhou.

Bagi saya foto ini terlihat seperti sebuah hasil photoshop atau CGI. Tetapi yang pasti, foto ini bukan foto UFO Hangzhou. Foto ini diposting di situs global-military.com yang melampirkannya dalam berita yang berjudul “UFO Appeared again in the night sky in Urumqi”.

Mereka memposting berita itu pada tanggal 5 Juli 2010. UFO Hangzhou muncul pada tanggal 7 Juli 2010. Jadi Dailymail.co.uk dan media lain yang mengklaim foto tersebut sebagai foto UFO Hangzhou telah melakukan kesalahan.


Sebuah pekerjaan yang cukup ceroboh untuk media kelas international.

Lalu, ada foto ketiga. Foto ini ditampilkan oleh Chinadaily.com yang juga kemudian diposting oleh media-media lain. Foto ini juga diklaim sebagai foto UFO Hangzhou namun tidak diambil pada malam hari seperti foto-foto lainnya.


Ketika melihat foto ini, kalian pun akan merasa heran karena tidak mirip sama sekali dengan foto pertama atau kedua.

Jadi, foto mana yang benar dan sesuai dengan pemberitaan UFO Hangzhou?

Menurut saya, foto ketiga ini lebih sesuai dengan pemberitaan. UFO itu disebut hanya terlihat di radar pada malam hari ketika bandara itu ditutup, namun, beberapa media seperti shanghaiist.com menyebutkan kalau seorang saksi mata berhasil mendapatkan foto UFO Hangzhou itu pada sore harinya. Ini kutipannya:

“Though airport spokesmen said the UFO was only visible to radars at the airport, several people around Hangzhou said they witnessed a glowing object hovering in the afternoon sky and moving weirdly. One man managed to snap a picture of it before it suddenly disappeared.”

Jadi, ada kemungkinan kalau foto ketiga ini adalah foto yang benar-benar diambil oleh saksi pada sore harinya. Objek serupa mungkin telah muncul kembali pada malam harinya dan menyebabkan bandara ditutup selama 56 menit.

Fakta pemberitaan kalau foto UFO ini diambil pada sore hari malah membuat foto pertama yang diambil pada malam hari semakin kehilangan kredibilitasnya.

Banyak media seperti Businessweek atau Shanghai daily memberitakan kisah ini tanpa melampirkan foto. Dan saya rasa mereka telah bertindak dengan aman.

Tetapi, Jika foto ketiga ini adalah foto yang sebenarnya, maka apakah identitas objek itu sebenarnya?

Kemungkinan, UFO itu adalah sebuah rudal. Ini dikonfirmasi oleh pemberitaan Chinadaily sebelumnya yang mengatakan kalau objek itu memiliki hubungan dengan militer, walaupun kemudian disangkal. Percobaan rudal atau roket yang dikira sebagai UFO juga pernah terjadi di Norwegia dan Australia sebelumnya. Jadi, ini bukan sesuatu yang baru.

Menariknya, harian news.oneindia.in melaporkan kalau UFO seperti komet (seperti di foto ketiga) itu juga pernah terlihat di wilayah Urumqi pada tanggal 30 Juni sebelumnya, dan pejabat dari Xinjiang Astronomy Society, Prof.Song Huagang, menyebutkan kalau UFO itu sebenarnya adalah pecahan rudal intercontinental yang diluncurkan oleh Amerika Serikat.

Menurut laporan dari foxnews.com, pada tanggal 30 Juni kemarin, militer Amerika memang meluncurkan rudal minuteman three ICBM dari pangkalan udara Vandenberg di California. Rudal ini berhasil menempuh jarak sejauh 4.200 mil hingga mengenai target di tebing Kwajalein di Marshall Island.

Menurut Prof.Song, Rudal ini bisa terlihat dengan jelas dari beberapa wilayah, termasuk Urumqi di China. Jadi ada kemungkinan kalau UFO yang terlihat di Hangzhou juga adalah hasil uji coba pihak militer Amerika (atau Cina sendiri).

Kita cuma bisa berharap kalau dalam waktu dekat akan ada klarifikasi dari pihak militer Cina.

Sumber: xfile-enigma.blogspot.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s